Spirit Kaderisasi Banser di Probolinggo
Spirit Kaderisasi Banser di Probolinggo

Keterangan Gambar : Puluhan calon anggota Banser Satkoryon Sumber antusias ikuti Diklatsar

nuprobolinggo.or.id - SUMBER - Puluhan calon anggota Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Satkoryon Sumber mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Dasar (Diklatsar).

Dikaltsar Banser tersebut diikuti sedikitnya 49 peserta dari Satkoryon Sumber, kegiatan itu digelar Sabtu-Ahad (26-27/06/2021) di medan terbuka kawasan pengunungan Tengger Kecamatan Sumber.

Ketua Cabang GP Ansor Kabupaten Probolinggo, Misbahul Munir mengatakan Diklatsar Banser merupakan proses kaderisasi yang harus diikuti bagi setiap calon anggota Banser.

"Setiap anggota Banser wajib ikuti Diklatsar ini, kalau lulus baru boleh menggunakan seragam kebesaran pengawal Kiai dan NKRI itu," ujarnya

Dalam Diklatsar Banser, kata Munir ada sejumlah materi penting dalam penataan mental kader yang selalu dituntut siap dalam segala medan. 

"Termasuk masalah cegah-tangkal radikalisme, karena para kader telah diberikan materi kebangsaan dan ke-Indonesiaan," tandasnya.

Munir menegaskan, masuk dalam Barisan (Banser-red) ini adalah panggilan hati yang paling dalam, di mana butuh keikhlasan yang melandasinya.

"Insya'allah siapa saja yang menjadi anggota Banser ikhlas akan masuk dalam untaian doa KH. Hasyim Asy'ari. Siapa yang mengurus/merawat NU akan saya anggap sebagai santriku dan saya doakan Khusnul Khatimah dia dan keluarganya," tukasnya.