Ribuan Alumni dan Simpatisan Hadiri Haul Akbar Pesantren Darul Lughah Wal Karomah
Ribuan Alumni dan Simpatisan Hadiri Haul Akbar Pesantren Darul Lughah Wal Karomah

nuprobolinggo.or.id - KREJENGAN- Haul Akbar almarhum KH. Ahmad Baidlowi dan Keluarga Pondok Pesantren Darul Lughah Wal Karomah, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo digelar Ahad (29/5/2022).

Haul digelar di Ponpes Darul Lughah Wal Karomah II, Dusun Patemon, Kelurahan Sidomukti, Kecamatan Kraksaan, kabupaten setempat.

Ribuan alumni, wali santri, simpatisan dan warga dari berbagai daerah datang membanjiri GOR Cabang Pesantren Darul Lughah II, tempat haul berlangsung.

Tak hanya dari Kabupaten Probolinggo, mereka berasal dari luar daerah, bahkan luar provinsi. Peserta datang untuk mengobati rindu lamanya waktu tidak bisa bertatap muka sekaligus sungkem kiai/nnyai untuk ngalap barokah.

Turut Hadir dalam haul tersebut, KH. Shihabuddin Sholeh, Ketua PCNU Kota Kraksaan, sekaligus Pengasuh Ponpes Darul Hikmah Sidopekso; KH. Sholeh Isnaini, Pengasuh Ponpes Tarbiyatul Banat, Sentong, Krejengan; H. Jamauddin, H. Basyiruddin, H. Miskari Mantan Ketua IKSADA Pusat, dan sejumlah kiai, asatidz, pengurus dan para undangan.

Pengasuh Pondok Pesantren Darul Lughah Wal Karimah, KH Amir Mahmud Ali Wafa Baidlowi menuturkan, haul dilangsungkan demi mengingat para muassis dan almamater. Juga berharap barokah.

“Saya lebih mendoakan santri daripada anak sendiri di Baitullah. Biar Allah yang mengurus anak-anak saya kedepan,” ujar Ketua Umum Alumni Santri Sidogiri Wilayah Probolinggo ini.

Lebih dari itu, Kiai Mahmud berpesan agar para santri, alumni, simpatisan kompak. "Kalau kompak, saya senang," imbuhnya.

Sementara itu, KH. Sholeh Isnaini menegaskan, besarnya sebuah pesantren tergantung pada alumni, kekompakan alumni.

Beliau berterima kasih kepada Darul Lughah karena telah memborong prestasi Lomba Baca Kitab Kuning tingkat Kabupaten.

"Kami sebagai pengurus PCNU berterima kasih telah mewarnai dan mengharumkan PCNU Kota Kraksaan di kancah nasional," tegasnya. (*)