Prof. Dr. Ali Maschan Moesa Dukung Pendirian PTNU di Kabupaten Probolinggo
Prof. Dr. Ali Maschan Moesa Dukung Pendirian PTNU di Kabupaten Probolinggo

nuprobolinggo.or.id -WONOMERTO- Wakil Rais PWNU Jatim, Prof. Dr. Ali Mashan Moesa mendukung rencana PCNU Kabupaten Probolinggo mendirikan Perguruan Tinggi NU, untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) di wilayah barat kabupaten dengan 1,15 juta penduduk itu.

Dukungan disampaikan saat Ketua PWNU Jatim masa khidmat 1999-2008 itu menghadiri Istigasan Kubro dan Temu Kader PCNU Kabupaten Probolinggo di Masjid Ar-Rahman, Desa Patalan, Kecamatan Wonomerto, kabupaten setempat, Ahad (20/2/2022).

Istigasah dan Temu Kader dilaksanakan dalam rangka memperingati Harlah ke-99 Nahdlatul Ulama menurut kalender Hijriyah. NU didirikan pada 16 Rajab, 1344 hijriyah.

“Dukung dan mendoakan rencana pendirian PTNU. Semoga sukses,” kata pria yang juga Rektor Universitas Islam Kediri tersebut.


Sebelumnya di forum yang sama, Ketua PCNU Kabupaten Probolinggo, Kiai Abdul Hamid mengungkapkan rencana PCNU untuk mendirikan perguruan tinggi. Sebab selama ini, kader NU kesulitan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang tinggi.

Kondisi tersebut didapati terutama di wilayah barat Kabupaten Probolinggo. Dan sejauh ini, perguruan tinggi masih terkonsentrasi di wilayah timur.

“Kami sudah membentuk tim kecil dan menyusun dokumen yang dibutuhkan. Kami juga sudah sowan ke KH. Syafruddin Syarif (Katib PWNU Jatim, Red), dan beliau bangga,” ungkapnya.

Sebagai bentuk dukungan, KH. Syafruddin turut mengomunikasikan rencanan tersebut ke Lembaga Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama (LPTNU) Jatim. “Kami akan sowan ke PWNU Jatim,” kata Kiai Hamid. (*)