Potret Semangat Peringatan Maulid Nabi Warga Sukapura
Potret Semangat Peringatan Maulid Nabi Warga Sukapura

nuprobolinggo.or.id -Kemeriahan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW terlihat di mana-mana. Tak terkecuali di Sukapura, sebuah kecamatan di Kabupaten Probolinggo dengan penduduk beragam dari sisi agama.


Di kecamatan yang meliputi 12 desa ini di lereng Pegunungan Tengger ini, majelis shalawat juga tumbuh dan berkembang. Sedikitnya, ada tiga majelis shalawat di sana.

Meliputi Majelis Al-Islah, Majelis Sabilul Jannah, dan Majelis Sunan Kali Jogo. Kamis (28/10/2021) malam, tiga majelis ini berkolaborasi dalam satu nama: Majelis Amanah Rasul.

"Ada 3 majelis di Sukapura yang bersatu. Di
beri nama Majelis Amanah Rasul," kata Rahmad Syafi'i, personel majelis tersebut.

Kamis malam di penghujung Oktober itu, Majelis Amanah Rasul memenuhi undangan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Desa Kedasih. Sebuah desa berpenduduk 1.753 jiwa.

Antusiasme penduduk luar biasa dalam perayaan Maulid Nabi. Larut dalam bacaan bait-bait pujian kepada Rasulullah yang dibawakan Majelis Amanah Rasul.

Di bawah terop yang disediakan panitia, dengan beralaskan karpet, para jamaah duduk bersila. Mereka menyalakan lampu hanphone, dan melambai-lambaikannya di atas kepala. Mengikuti irama shalawat nabi.

Berdasar data Badan Pusat Statistik, Kedasih terbilang desa plural. Sebanyak 1.753 penduduk di sana, ada yang beragama Islam (1.511 jiwa), ada pula yang beragama Hindu (194 jiwa). Meski plural, semua hidup rukun dan bersandingan. (*)