Perkuat Aset Digital, Kader Ansor Probolinggo Dibekali Pemahaman Jurnalistik
Perkuat Aset Digital, Kader Ansor Probolinggo Dibekali Pemahaman Jurnalistik

Keterangan Gambar : Kontributor Suaraindonesia.co.id Probolinggo, Lutfi Hidayat sampaikan materi jurnalistik kepada kader GP Ansor Kabupaten Probolinggo

nuprobolinggo.or.id - LECES - Sadar pentingnya publikasi media era digital, kader GP Ansor Cabang Kabupaten Probolinggo dibekali kemampuan jurnalistik.

GP Ansor menghadirkan jurnalis Suaraindonesia.co.id kontributor daerah Kota/Kabupaten Probolinggo, Lutfi Hidayat yang juga Sekretaris LTNNU Kabupaten Probolinggo sebagai pemateri.

Diklat jurnalistik bagi kalangan pemuda NU itu digelar di Kantor PCNU Kabupaten Probolinggo, Jl. Raya Lumajang Desa Warujinggo, Kecamatan Leces, Minggu (27/06/2021).

Materi dibagi menjadi tiga sesi yakni pertama materi pengenalan dasar jurnalistik dan teknik penulisan berita, desain grafis serta video kreator.

Ketua Cabang GP Ansor Kabupaten Probolinggo, Misbahul Munir menyebut pemahaman jurnalistik bagi kader Ansor merupakan bagian dari kebutuhan saat ini.

Sebab di era disrupsi dengan kecanggihan teknologi sebagai gerbangnya tak bisa dihindari, ketersediaan informasi yang serba cepat dan mudah harus diimbangi dengan kemampuan jurnalistik yang baik.

"Pada era digital ini informasi muncul secara cepat dan cukup bebas melalui internet. Jadi pemahaman jurnalistik menjadi sangat penting untuk memilah dan memilih informasi yang valid agar tidak terjebak pada berita bohong, berita manipulatif, propaganda yang banyak bermunculan," ungkapnya.

Publikasi melalui media digital, kata Munir juga penting dilakukan kader Ansor untuk mendistribusikan seluruh informasi dan kegiatan Nahdlatul Ulama kepada masyarakat luas.

"Kami juga harus ambil bagian dalam pendistribusian informasi positif, kreatif dan inspiratif yang valid agar terjadi keseimbangan informasi," imbuhnya.

Sementara pemateri, Lutfi Hidayat dalam paparannya menyampaikan bahwa ada aset besar GP Ansor di setiap daerah.

GP Ansor memiliki aset digital yang sangat potensial jika ini bisa digerakkan secara sistematis.

"Hampir setiap daerah baik tingkat cabang maupun anak cabang GP Ansor punya akun organisasi resmi di media sosial. Jika ini bergerak bersama-sama secara sistematis, maka jaga maya bisa penuh dengan konten berita positif," tegasnya.

Sesi Desain Grafis dan Video Kreator diberikan oleh kader Ansor Kabupaten Probolinggo, Mohammad Hamdi.
 
Peserta diklat dibekali teknik olah foto, tata letak, pewarnaan dan konten kreatif dalam menyajikan informasi sebagai berita yang menarik untuk dinikmati.