Pengurus Ranting NU Gotong Royong Rehab Rumah Warga
Pengurus Ranting NU Gotong Royong Rehab Rumah Warga

Keterangan Gambar : Rumah tidak layak huni sebelum direhab oleh warga dan pengurus Ranting NU Sumberejo, Paiton

nuprobolinggo.or.id - Warga Desa Sumberejo, Paiton, Kabupaten Probolinggo, telah membuktikan kekuatan gotong rotong. Melampaui beragam masalah akibat Pandemi Covid 19.

Bersama Pengurus Ranting NU desa setempat, warga merehab rumah warga yang hampir roboh dengan gotong royong. Itu dilakukan Januari-September 2020.

Dikutip dari times.co.id, rumah yang direhab adalah rumah Mursihat, warga Dusun Krajan, RT 005/RW 002 desa setempat yang hidup seorang diri. Usianya sudah lanjut, tapi belum pernah menikah.

Mursihat tinggal bersebelahan dengan salah satu familinya. Tempatnya sangat tidak layak huni. Seandainya ada angin kencang, besar kemungkinan rumah Mursihat roboh.

Rehabilitasi rumah Mursihat sebenarnya telah lama diupayakan. Seperti meminta bantuan perusahaan, hingga menggunakan dana pemerintah.

Tapi upaya itu gagal karena lahan yang ditempati Bapak Mursihat bukan hak milik pribadi. Lahan itu hanya hak pakai.

Kemudian Januari 2020, warga bermusyawarah bersama Pengurus Ranting NU desa setempat. Serta Pemuda setempat Serta Barisan Hadiran 46.

Berdasarkan hasil musyawarah, panitia rehab rumah dibentuk. Penggalangan dana dari pintu ke pintu warga (door to door) dilakukan. Kemudian terkait hak tanah, disepakati untuk mengajukan izin kepada pemilik untuk sementara waktu. Sampai batas ada dana untuk beli tanah.

Dalam kurun antara Januari-September 2020, terkumpul dana sebesar Rp 5. 413.100. September, rehabilitasi rumah Mursihat akhirnya dilakukan dengan cara gotong rotong.

Berdasarkan data Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Probolinggo, Pandemi Covid 19 memengaruhi upaya pemerintah merehabilitasi rumah warga yang tak layak huni.

Sepanjang 2020, sebanyak 900 rumah tidak layak huni yang sedianya direhabilitasi, batal dilakukan. Anggaran senilai Rp 14 miliar yang telah dialokasikan, direfocusing untuk penanganan Pandemi Covid 19.

Gotong royong yang dilakukan Ranting NU Sumberejo bersama warga setempat untuk merehabilitasi rumah warga, menjadi angin segar di tengah lilitan masalah akibat Pandemi Covid 19. (*)