Nun Aka: Orang Tua Bijak Selalu Memperhatikan Pendidikan Anaknya
Nun Aka: Orang Tua Bijak Selalu Memperhatikan Pendidikan Anaknya

nuprobolinggo.or.id -KURIPAN - Haflatul Imtihan Pondok Pesantren Miftahul Khoir, Desa Menyono, Kecamatan Kuripan, Kabupaten Probolinggo digelar Sabtu (18/6/2022) malam.

Imtihan di Ponpes yang diasuh Wakil Katib Syuriyah PCNU Probolinggo KH. Sholeuddin ini, dihadiri K.H. Ahsan Qomaruzzaman atau Nun Aka dari Ponpes Zainul Hasan Genggong.

Di acara itu, Nun Aka mengingatkan pentingnya orang tua mengarahkan anak-anaknya ke arah aqidah shohihah, yakni faham Ahlussunah Waljamaah.

Putra KH. Hasan Saiful Islam atau Nun Beng ini memberikan tamsil betapa agungnya para masyayikh seperti KH. Kholil Bangkalan, KH. Moh. Hasan Genggong, KH. Moh Hasyim Asy'ari dan ulama besar lainnya, yang telah menanamkan paham Aswaja bagi warga nahdliyin secara kokoh di masanya, hingga terus kita rasakan sampai hari ini.



Penting bagi orang tua memilih pendidikan anak-anaknya, sehingga mereka mengerti arah mana yang menjadikannya anak yang baik (sholih/sholihah), lurus aqidah, kuat ilmunya dan terbebas dari aqidah menyimpang, radikalisme serta terhindar dari narkoba dan sejenisnya.

Lantunan nada karya Rhoma Irama terngiang indah dalam telinga mustamiin dengan selingan indah Firman Allah SWT yang mendasari lagu indah tersebut.

Sholat sebagai nikmat terindah sebagai atsar dari doa orang tua untuk anaknya. Sebaliknya doa permohonan ampun seorang anak untuk orang tuanya dengan istighfar, Yasin dan tahlil sangat bermanfaat untuk orang tuanya kelak.

"Jangan heran ketika anak-anaknya menjadi generasi yang baik berpijak teguh pada agamanya, semuanya bentuk dari murninya doa orang tua untuk mereka", urai cicit Al-Arif Billah KH. Moh. Hasan Genggong tersebut.

Kegiatan Haflatul Imtihan juga ditandai dengan penyematan tanda lulus wisudawan-wisudawati serta penampilan para santri dan pelajar berprestasi lembaga yang ada di pelosok salah satu desa di kecamatan Kuripan tersebut. (Ansori)