Lazisnu Probolinggo Survey Lokasi Pengeboran Air Bersih di Desa Pelosok
Lazisnu Probolinggo Survey Lokasi Pengeboran Air Bersih di Desa Pelosok
nuprobolinggo.or.id - Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shodaqoh Nahdhatul Ulama (Lazisnu) Kabupaten Probolinggo bekerja sama dengan Yayasan Pelangi Bakti Nusantara (YPEBANU) melakukan survey lokasi pengeboran air di desa pelosok. Tepatnya di Desa Resongo Kecamatan Kuripan. Kamis (07/04/2022).

Ketua NU Care Lazisnu Kabupaten Probolinggo, Babussalam mengatakan bahwa "Survey Lokasi ini sekaligus menjawab keresahan warga masyarakat yang mengeluhkan kekurangan air bersih" ungkapnya.

Diketahui, warga Desa Resongo ini sudah puluhan tahun harus naik turun bukit pegunungan yang begitu terjal hanya untuk mandi dan cuci baju. Jarak tempuhnya pun ke bawah sumber mata air, bisa mencapai kurang lebih 30 menit perjalanan. 

Beda lagi pulangnya, warga rela  membawa tumpukan baju cucian melewati curah yang sangat terjal. Hal ini, memang sudah menjadi biasa bagi warga sekitar sini. Bahkan tiap harinya mereka bisa bolak balik tiga kali ke sumber mata air tersebut.

Akses jalan menuju desa inipun, sangat begitu menantang. Penuh bebatuan, dan jauh dari jalan raya karena sangat pelosok.

Oleh karena itu, Babussalam menegaskan bahwa ini adalah salah satu cara untuk mengatasi kekurangan air bersih di Desa Resongo.

Ia juga berharap kehadiran sumur bor ini nantinya, semoga mampu mencukupi kebutuhan air masyarakat setempat terlebih saat kekeringan melanda di musim kemarau.

"Sebab air ini merupakan kebutuhan pokok yang diperlukan oleh masyarakat, sumur bor ini diharapkan nantinya dapat bermanfaat dan menjawab keresahan warga yang kekurangan air bersih" pungkasnya kepada tim media.

Ada enam pengurus lazisnu yang ikut dalam kegiatan survey ini, serta lima anggota dari yayasan pelangi bakti Nusantara.