Laporan Bulanan UPZIS NU Care Lazisnu Kabupaten Probolinggo
Laporan Bulanan UPZIS NU Care Lazisnu Kabupaten Probolinggo
nuprobolinggo.or.id - 
Unit Pengelola Zakat, Infaq dan Shadaqah atau UPZIS NU Care Lazisnu Kabupaten Probolinggo merupakan Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama.

Dalam Bulan Januari 2021 masih banyak mengurusi administrasi. Mulai dari legalitas status amil sampai dengan pencarian donatur perdana.

Terhitung 4 Januari 202, NU Care Lazisnu Kabupaten Probolinggo telah resmi berstatus amil yang sah. Baik secara hukum fikih (agama) maupun Hukum Negara.

Sehingga awalnya bernama PC Lazisnu Kabupaten Probolinggo, menjadi UPZIS NU Care Lazisnu Kabupaten Probolinggo.

Pada tanggal 17 Januari 2021, UPZIS NU Care Lazisnu telah resmi dikukuhkan oleh PCNU Kabupaten Probolinggo. Peresmian dikemas dengan orientasi pengurus terkait tupoksi oleh PWNU Care Lazisnu Jawa Timur.

Ada tiga cara yang dilakukan UPZIS NU Care Lazisnu Kabupaten Probolinggo untuk penggalangan dana. Yakni donasi online, donasi jam’iyah dan donasi donatur tetap.

Dari donasi online dana yang tergalang Rp 119.852. Sebagai penyumbang pertama adalah Eko Cahyono, alumni Ketua PC IPNU Kabupaten Probolinggo 2016-2018.

Dari Donasi jam’iyah, diperoleh dana sebesar Rp 2.200.000. Dihimpun di momen pelantikan PCNU Kabupaten Probolinggo, Minggu, 24 Januari 2021.


Terhitung tanggal 23 Januari 2021 UPZIS NU Care Lazisnu Kabupaten Probolinggo sudah mempunyai rekening mandiri atas nama Lazisnu Kabupaten Probolinggo. Yaitu Rekening Bank BRI, BNI dan Mandiri. Semuanya Bank Syariah.

Adapun untuk donator tetap, UPZIS NU Care Lazisnu Kabupaten Probolinggo sudah memploting calon donatur perdana.

Yakni KH. Muharror Azis (Rais Syuriah PCNU Kabupaten Probolinggo), Kiai Muhlis Karim (Katib Syuriah), Kiai Abd. Hamid (Ketua Tanfdziyah), Ust Khairul Ishaq (Wakil Ketua), KH. Masduqi (Wakil Ketua), dan Kiai Saiful Arif (Sekretaris PCNU Kabupaten Probolinggo).

"Kami akan terus berupaya menjalin silaturohim kepada segenap simpatisan aghniya’ untuk mengembangkan jumlah donatur tetap yang dimulai dari internal Pengurus PCNU Kabupaten Probolinggo," kata Ketua Lazisnu Kabupaten Probolinggo, Babussalam. (Lazisnu)