Kunjungi Pesantren Nurul Jadid dan Genggong, Ketum PBNU Mohon Doa Restu
Kunjungi Pesantren Nurul Jadid dan Genggong, Ketum PBNU Mohon Doa Restu

nuprobolinggo.or.id - KETUA Umum atau Ketum PBNU KH. Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya, berkunjung ke Pondok Pesantren Nurul Jadid dan Pesantren Zainul Hasan Genggong, Kabupaten Probolinggo, Kamis (19/5/2022).

Di dua pesantren itu, Gus Yahya hadir didampingi Sekjen PBNU Saifullah Yusuf, dan Ketua PBNU Amin Said Husni. Selain silaturrahim, Gus Yahya juga meminta doa restu pelaksanaan program kerja PBNU selama lima tahun ke depan.

Di Nurul Jadid, mantan Jubir Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid atau Gus Dur ini, ditemui Pengasuh KH. Moh. Zuhri Zaini; Kepala Pesantren KH. Abdul Hamid Wahid; Wakil Kepala Pesantren, KH. Najiburrahman Wahid, dan beberapa pimpinan pesantren lain.

Sementara di Zainul Hasan Genggong, Gus Yahya disambut Pengasuh KH. Moh. Hasan Mutawakkil Alallah; Kepala Biro Kepesantrenan, Gus Moh. Haris Damanhuri, dan jajaran keluarga pesantren Genggong lainnya.



Jajaran PCNU Kabupaten Probolinggo dan PCNU Kota Kraksaan, turut menemui Ketum PBNU di Genggong.

“Selama periode yang kami emban, sebagai tanggung jawab kami siap untuk disibukkan selama 5 tahun ke depan. Inshaallah ada sekitar 556 kegiatan yang akan dilaksanakan oleh kelembagaan NU selama satu tahun ini,” kata Gus Yahya di Ponpes Zainul Hasan.

Usai kunjungan, Amin Said Husni mengatakan, sejak menjadi Ketum PBNU, Gus Yahya punya agenda sowan ke seluruh masyayikh nusantara. Agenda itu dilakukan bertahap dari satu daerah ke daerah lainnya. “Sekarang di Tapal Kuda,” katanya.

Menurut Amin, agenda itu bertujuan untuk menyambung ikatan batin, memohon doa restu, serta sosialisasi program yang akan digarap PBNU. “Juga memohon masukan kepada masyayikh,” ujar mantan Bupati Bondowoso ini.

Sebelum ke Pesantren Nurul Jadid dan Genggong, Gus Yahya telah berkunjung dan bertemu dengan sejumlah kiai di wilayah Tapal Kuda. Rabu (18/5/2022), ia ke Ponpes Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo, Situbondo.

Di pesantren yang ditempati Muktamar ke-27 NU tersebut, Gus Yahya bertemu KH. Azaim Ibrahimy, KH. Afifuddin Muhajir, dan kiai lainnya di pesantren yang berada di ujung timur Kabupaten Situbondo tersebut.

Dari Sukorejo, kunjungan dilanjutkan ke Pondok Pesantren Wali Songo, bertemu KHR. Moh, Kholil As’ad. Kemudian dilanjutkan ke Pondok Pesantren Nurul Islam Jember, bertemu KH. Muhyiddin Abdusshomad.

Dari Kiai Muhyiddin, Gus Yahya bertemu KH. Sadid Jauhari, Pengasuh Pondok Pesantren As-Sunniyah, Kencong, Jember. Lalu ke KH. Husni Zuhri, Pengasuh Pondok Pesantren Miftahul Ulum, Lumajang.

Kamis (19/5/2022), Gus Yahya menghadiri acara Halal Bihalal di Pasuruan Bersama para kiai. Kemudisn siang hingga petang, berkunjung ke Pondok Pesantren Nurul Jadid dan Zainul Hasan Genggong. (*)