Kontingen Probolinggo turut berlaga di Pentas PAI JatimPentas PAI Jatim ke 3
Kontingen Probolinggo turut berlaga di Pentas PAI Jatim

Kab. Probolinggo (IslamNU) Tidak mau ketinggalan dalam peran aktifnya dalam mempersiapkan dan mengembangkan potensi yang dimiliki para anak didik TK/PAUD dan SD di kabupaten Probolinggo, Kasi Pendidikan Agama Islam Sekolah (PAIS) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Probolinggo H. Muh. Barzan mengantarkan langsung kontingennya bersama kepala sekolah, guru, Pengawas PAI dan official dari Probolinggo untuk mengikuti Giat “Pekan Ketrampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (PENTAS-PAI) ke-3 Tingkat Provinsi Jawa Timur. (6/7/2017).

Gebyar Pentas PAI ke-3 Tingkat Provinsi untuk jenjang TK/PAUD dan SD tahun ini, secara resmi dibuka oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur H. Syamsul Bahri, Rabu pagi (5/7) Rabu (05/7) bertempat di Hotel Utami Sidoarjo.

Sebagai tanda dimulainya ajang lomba bidang ketrampilan dan seni, Kepala Kanwil Kemenag Jatim menabuh Gong dengan didampingi Sekretaris Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Didiek Dwiyanto dan kepala bidang Pendidikan Agama Islam kemenag.

“Pentas PAI merupakan salah satu instrumen pembinaan dan pemantauan serta evaluasi perkembangan keberhasilan penyelenggaraan pendidikan agama islam.” Sebagaimana disampaikan oleh Didiek Dwiyanto.

Kontingen Jatim sudah dua kali menjadi juara umum pada Pentas PAI nasional sebelumnya, baik pada tahun 2013 di Jakarta dan  tahun 2015 di Bekasi. Melalui Pentas PAI tahun ini juga diharapkan mampu menghasilkan para juara tangguh yang berkualitas sehingga bisa membawa nama baik Jawa Timur dalam mempertahankan juara umum di ajang Pentas PAI tingkat Nasional ke-3 oktober mendatang.

Kepada Reporter MPA Jatim, Kasi PAIS Kankemenag Probolinggo H. Muh. Barzan Via Whatsapp menjelaskan; bahwa pentas PAI Jatim tahun ini diikuti sebanyak 576 siswa; 266 siswa TK dan 310 siswa SD kabupaten-kota se- Jawa Timur.

Delapan cabang lomba meliputi Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ), Lomba Pidato PAI (LPP), Musabaqoh Hifdzil Quran (MHQ), Lomba Cerdas Cermat PAI (LCP), Lomba Kaligrafi Islam (LKI), Lomba Seni Nasyid (LSN), Lomba Debat PAI (LDP), dan Lomba Kreasi Busana (LKB) yangakan dipertandingkan dalam ajang Pentas PAI ini berlangsung selama dua hari Rabu-Kamis, 5-6 Juli 2017.

Di akhir tulisannya, H. Muh. Barzan Kasi Pais Kemenag yang sekaligus salah seorang Pengurus NU Kota Kraksaan ini memohon doa Barokah semoga anak-anak kita yang mewakili Kabupaten Probolinggo dapat mengharumkan Probolinggo yang kita Cintai, Amin… tutupnya. (Mp).