KH. Abdul Hadi Saifullah : Pendidikan islam membentuk karakter bangsa beradab
KH. Abdul Hadi Saifullah : Pendidikan islam membentuk karakter bangsa beradab

Probolinggo (IslamNu) Dalam orasi ilmiyahnya, Ketua Tanfidziyah PCNU Probolinggo KH. Abdul Hadi Saifullah menjelaskan “pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan umat” dengan memupuk persaudaraan dan pembentukan karakter anak bangsa, saat menghadiri Haflah LPI Nurur Rohmah Bantaran. (7/2017)

Umat islam yang mayoritas harus bisa mengayomi sesama, menghargai semua lapisan karena mereka juga anak bangsa yang harus selalu berjuang mengedepankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Pendidikan islam dalam berbagai bentuknya; TPQ-Madin, lembaga formal (MI-MTs-MA) dan pondok pesantren memiliki komitmen tulus dalam memperjuangkan aqidah shohih, aqidah yang benar mampu mengarahkan umat ke jalan kebenaran yang diridhoi Allah Swt.

Sebagai sistem nilai bersifat Ilahiah dan transenden dalam tinjauan teologis, sekaligus merupakan fenomena peradaban, kultural danrealitas sosial dalam kehidupan manusia dalam pandangan sosiologis. Di sinilah islam memerlukan dialektika secara terus menerus dengan realitas kehidupan sehingga islam bisa tumbuh dan berkembang hingga saat ini yang hakekatnya sebagai rohmat semesta.

Tidak terkecuali, keberadaan lembaga-lembaga islam tersebut memiliki potensi besar dalam mengusung islam yang ramah dan rohmah. Pendidikan diharapkan mampu mengantarkan umat manusia pada suatu pencapaian tingkat peradaban yang menjunjung hakikat kemanusiaan, mampu memanusiakan manusia dengan seadil adilnya sehingga membentuk karakter bangsa yang beradab, tutupnya. (Mp).