Kenalkan Tokoh NU kepada Siswa Lewat Media Lukisan
Kenalkan Tokoh NU kepada Siswa Lewat Media Lukisan

nuprobolinggo.or.id -BANTARAN- Madrasah Aliyah Miftahul Ulum An-Nur, Desa Kropak, Kecamatan Bantaran, Kabupaten Probolinggo, punya cara menarik untuk mengenalkan tokoh-tokoh Nahdlatul Ulama kepada anak didik.

Selasa (11/1/2022), madrasah yang berada di lingkungan Ponpes Miftahul Ulum ini, menggelar lomba melukis dan mewarnai tokoh-tokoh dari ormas keagamaan terbesar di tanah air tersebut.

Sesuai tujuannya, lomba yang dikemas dalam Puncak Class Meeting itu, bertema Pengenalan Tokoh-Tokoh NU Sejak Dini.

Pengurus Komisariat Ikatan Pelajar NU (IPNU), dan Ikatan Pelajar Putri NU (IPPNU) MA Miftahul Ulum An-Nur, menjadi panitia penyelenggara lomba yang menghadirkan dua juri tersebut.

Yaitu Ketua PC Aswaja NU Center Kabupaten Probolinggo, H. Musyafi', S. Ag, M. Pd. l; dan Ketua PC Pergunu Kabupaten Probolinggo, yang juga kepala MA Miftahul Ulum An-Nur, Muhammad Nawawi, M. Pd.

Tercatat, ada 10 peserta lomba yang terdiri dari masing-masing kelas dengan dua obyek lukisan. Satu lukisan peserta putri, dan satu lukisan pesert putra.

Setiap peserta mengikuti undian untuk menentukan obyek tokoh NU yang akan dilukis dan diwarnai. Untuk tahap ini, peserta diberi waktu dua hari. Hari pertama menggambar sketsa, dan hari kedua mewarnai dan dilanjutkan penilaian.

Setelah selesai, lukisan peserta dinilai dalam dua kategori. Meliputi bidang lukisan, dan presentasi dari lukisan.

Muhammad Nawawi mengatakan, kegiatan digelar didorong oleh kondisi anak didik dan santri yang kurang mengenal para tokoh dan pendiri NU. Juga karena pembelajaran yang kurang menyentuh anak didik.

"Dengan media melukis ini, anak didik lebih menjiwai dan merasa lebih berinteraksi langsung dengan tokoh yang menjadi obyek lukisannya. Disamping itu juga untuk menggali bakat siswa," katanya.

Pada kesempatan yang samq, Musyafi' mendukung kegiatan serupa. "Kegiatan seperti ini harus terus dilaksanakan sebagai modal yang sangat mendasar untuk membentuk kader NU di Madrasah melalui MP. Aswaja ke-NU-an," katanya. (*)