Kapan Baiknya Bacaan Surah al-Fatihah dibaca dalam Salat Berjamaah
Kapan Baiknya Bacaan Surah al-Fatihah dibaca dalam Salat Berjamaah

Keterangan Gambar : Ilustrasi gambar bersumber dari : www.islampos.com/

nuprobolinggo.or.id - Membaca surah al-Fatihah dalam sholat adalah suatu kewajiban (rukun) perspektif ulama mayoritas, namun kapan waktu yang tepat untuk seorang makmum membaca surah al-Fatihah ketika sedang berjamaah.

Menurut Madzab syafi'I, juga diwajibkan bagi makmum untuk membaca surah Alfatihah dalam salat berjamaah. Sementara menurut imam At-Tirmidzi makmum membaca surah alfatihah setelah amin. hal ini juga dapat ditemukan dalam kitab Bidayatul Hidayah, karangan Imam al-Ghazali, sebagai berikut: 

   و يجهر بقوله آمين في الجهرية و كذلك المأموم و يقرن المأموم تأمينه بتأمين الإمام معا لا تعقيبا له و يسكت الإمام سكتة عقب الفاتحة ليئوب إليه نفسه و يقرأ المأموم الفاتحة في الجهرية في هذه السكتة ليتمكن من الاستماع عند قراءة الإمام و لا يقرأ المأموم السورة في الجهرية إلا إذا لم يسمع صوت الإمام   

Artinya: ?Hendaklah imam mengeraskan suaranya ketika mengucapkan ??m?n? (segera selesai membaca surat al-Fatihah), demikian pula makmum hendaknya melakukan hal yang sama dengan imam sacara bersama-sama dan tidak menunggu imam selesai mengucapkannya. Hendaklah imam diam sejenak atau beberapa lama setelah membaca surat al-Fatihah. Hal ini dimaksudkan agar di samping ia dapat mengatur napasnya kembali, juga agar makmum membaca al-Fatihah dengan suara jelas pada saat ia diam. Cara ini memungkinkan makmum dapat sepenuhnya mendegarkan bacaan imam, dan makmum hendaknya tidak membaca surat kecuali bila ia tidak bisa mendengarkan suara bacaan imam.? (Imam al-Ghazali, Bidayatul Hidayah dalam Majmu'ah Rasail al-Imam al-Ghazali : Kairo, Al-Maktabah At-Taufiqiyyah, t.th., hal. 409).

Dari kutipan diatas dapat disimpulkan pembacaan surah al-Fatihah bagi makmum adalah
setelah imam usai membaca surah al-Fatihah, disela-sela antara p
embacaan al-Fatihah dan surat (iman, red). Maka dari itu, penting bagi imam untuk memberikan jeda setelah membaca surah al-Fatihah dan tidak langsung membaca surah lain namun memberikan kesempatan untuk makmum membaca surah al-Fatihah.

 

Diana Khoiriyah

Mahasiswa Komunikasi Penyiaran Islam Universitas Nurul Jadid