Kajian Majlis Dzikir dan Sholawat PC. GP. Ansor Kab. Probolinggo
Kajian Majlis Dzikir dan Sholawat PC. GP. Ansor Kab. Probolinggo

Jum’at, 5 Pebruari 2016, PC. Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Probolinggo menyelenggarakan halaqah rutin Majelis Dzikir dan Sholawat. Bertempat di Aula Kantor PCNU Kabupaten Probolinggo, kegiatan ini dihadiri lebih dari 100 orang fungsionaris PC dan PAC se Kabupaten Probolinggo. “Selain untuk mempererat silaturrahim, diharapkan kegiatan ini menjadi wahana konsolidasi kepengurusan.” Demikian dikatakan oleh Muchlis, M.Pd., Ketua PC. GP Ansor Kabupaten Probolinggo. “Kegiatan rutin itu penting, banyak ide-ide segar yang tereksplorasi di sini.” Imbuhnya.

Seusai dzikir bersama dan pembacaan sholawat, acara dilanjutkan dengan kajian Islam Ahlussunnah wal-Jama’ah dengan tema ciri khas keberagamaan Ahlussunnah wal-Jama’ah. Kajian ini diisi oleh Teguh Mahameru Zainul Hasan, Ketua PC. Aswaja NU Center Kabupaten Probolinggo. Dalam kajian, Narasumber mengajak peserta untuk terus menggali pemahaman tentang Islam Ahlussunnah wal-jama’ah an-Nahdliyah. “Keberagamaan kita ini kita yakini yang paling benar.

Karena benar-benar menampakkan Islam yang ramah, yang membawa rahmat bagi seluruh alam. Kita wajib berdiri di garis terdepan membela dan mempertahankan Islam Ahlussunnah wal-Jama’ah.” Demikian ditegaskannya. Peserta kajian, Muhammad Idrus, menyatakan, “Kami generasi muda NU butuh kajian semacam ini, kami berharap ini rutin dilakukan setiap halaqah.” Menurutnya para fungsionaris GP. Ansor di semua tingkatan harus senantiasa meningkatkan kemampuan. Karena tantangan masuknya faham Islam radikal selalu mengintai setiap saat. “Islam radikal itu berbahaya bukan hanya bagi keberagamaan kita, tapi juga bagi bangsa dan negara. Negara ini bisa hancur lebur seperti di Suriah itu.” Tegasnya. (Tm.)