Ibnu Ismail Al Jazari: Ilmuwan Muslim Penemu Konsep Robotika Modern
Ibnu Ismail Al Jazari: Ilmuwan Muslim Penemu Konsep Robotika Modern

Keterangan Gambar : https://www.wowmenariknya.com

nuprobolinggo.or.id
Al-Jazari mengembangkan prinsip hidrolik untuk menggerakkan mesin yang kemudian hari dikenal sebagai mesin robot. “Tak mungkin mengabaikan hasil karya Al-Jazari yang begitu penting. Al-Jazari merupakan seorang tokoh besar dibidang mekanik dan industri. Lahir di Al-Jazira yang terletak diantara sisi utara Irak dan timur laut Syiria, tepatnya antara sungai Tigris dan Efrat. Al-Jazari merupakan ahli teknik yang luar biasa pada masanya. Nama lengkapnya adalah Badi Al-Zaman Abullez Ibn Alrazz Al-Jazari. Dia tinggal di Diyar Bakir, Turki, selama abad ke-12.
Pada 1206 ia merampungkan sebuah karya dalam bentuk buku yang berkaitan dengan dunia teknik. Ibnu Ismail Ibnu Al-Razzaz Al-Jazari mendapat julukan sebagai Bapak Modern Engineering berkat temuan-temuannya yang banyak mempengaruhi rancangan mesin-mesin modern saat ini, diantaranya combustion engine, crankshaft, suction pump, programmable automation, dan lain-lain.
Beliau mendokumentasikan lebih dari 50 karya temuannya, lengkap dengan rincian gambar-gambarnya dalm buku “ al-Jami’ Bain al-Ilm wal ‘Amal al-Nafi fi Sinat ‘at al-Hiyat” (The Book of Knowledge of Ingenious Mechanical Devices). Bukunya ini berisi tentang teori dan praktik mekanik. Karyanya ini sangat berbeda dengan karya ilmuwan lainnya, karena dengan piawainya Al-Jazari membeberkan secara detail hal yang terkait dengan mekanika. Dan merupakan kontribusi yang sangat berharga dalam sejarah teknik. 
Ibnu Ismail Ibnu Al-Razzaz al-Jazari mendapat julukan sebagai Bapak Modern Engineering berkat temuan-temuannya yang banyak mempengaruhi rancangan mesin-mesin modern saat ini, diantaranya combustion engine, crankshaft, suction pump, programmable automation, dan lain-lain.*

*Nada Fitria
Santriwati dan Mahasiswi Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam UNUJA