Haul KH. Hasan Saifouridzall Digelar Tertutup, Gus Haris: Ini Bentuk Penjagaan Kami pada Santri
Haul KH. Hasan Saifouridzall Digelar Tertutup, Gus Haris:  Ini Bentuk Penjagaan Kami pada Santri

Keterangan Gambar : Haul KH. Hasan Saifouridzall sebelum pandemi (foto: pzhgenggog.or.id)

nuprobolinggo.or.id -Haul ke-31 KH. Hasan Saifouridzall di Ponpes Zainul Hasan Genggong, Kabupaten Probolinggo, akan digelar Ahad (11/7/2021) sore. Digelar di tengah Pandemi Covid 19, haul hanya akan diikuti keluarga, asatidz, dan santri.


Sementara alumni, wali santri dan simpatisan, diimbau mengikuti acara haul di rumah masing-masing.

Haul KH. Hasan Saifouridzall akan ditayangkan langsung di channel youtube resmi pesantren, yaitu PZHGENGGONG pada pukul 15.00 WIB atau bakda ashar.

Gus Moh. Haris Damanhuri mengatakan, kebijakan itu ditempuh untuk melindungi santri dari paparan Covid 19 yang akhir-akhir ini tidak terkendali. Pemerintah juga tengah menerapkan PPPM darurat di Pulau Jawa dan Bali.

"Ini merupakan bentuk penjagaan kami kepada para santri yang merupakan amanat dari para orang tua. Mereka juga santrinya kiai sepuh. Mutlak kita punya kewajiban menjaga mereka," katanya, dikutip dari times.co.id.

Demi kebaikan bersama dan agar pandemi menjadi makin tak terkendali, haul pada 1 dzul hijjah yang bertepatan dengan 11 Juli 2021 digelar tertutup.

Cucu dari KH. Hasan Saifouridzall ini menerangkan, sebelum pemerintah menerapkan PPKM darurat, Ponpes Zainul Hasan Genggong telah mengambil langkah mandiri untuk melindungi santri dengan lockdown pesantren.

"Semoga dengan acara ini, dengan doa bersama ini kita doakan agar pandemi ini segera berlalu dan kita diberi kesehatan, keselamatan dari musibah dan penyakit apapun namanya," harap Gus Haris.

Dikutip dari pzhgenggong.or.id, KH. Hasan Saifouridzall adalah khalifah ketiga Ponpes Zainul Hasan Genggong. Meneruskan kekhalifahan sang ayah, KH. Moh. Hasan atau Kiai Hasan sepuh yang jadi khalifah kedua.

Kiai Hasan Saifourdizall merupakan figur NU yang komplit. Beliau banyak menjalin silaturahim dengan berbagai elemen masyarakat. Baik kalangan birokrasi, militer, masyarakat sipil, hingga tamu dari luar negeri.

Kematangan pengetahuan beliau tak hanya di bidang yang lumrah dikenal seorang ulama. Beliau juga memiliki kemampuan menggubah syair, menciptakan lagu, hingga mengaransemen sendiri lagu tersebut. 

KH. Hasan Saifouridzall pernah menjabat Rois Syuriah PCNU Kabupaten Probolinggo selama dua periode.

Pendiri Universitas Zainul Hasan atau Unzah ini wafat Jumat 13 Juni 1991, atau 1 dzul hijjah. Dan Ahad (11/7/2021) sore, merupakan haul ke-31. Di tengah pandemi, haul digelar tertutup untuk melindugi santri. (*)