Gerakan Infaq 5000 Mushaf Al-quran untuk Probolinggo Qurani
Gerakan Infaq 5000 Mushaf Al-quran untuk Probolinggo Qurani
nuprobolinggo.or.id - BANTARAN – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Probolinggo mulai menyalurkan gerakan infaq 5000 mushaf Al-quran di Kantor Pimpinan Cabang Muslimat NU Kabupaten Probolinggo di Desa Tempuran, Kecamatan Bantaran, Rabu (1/6/2022).

 

Gerakan ini bertujuan untuk ikut serta merintis Kabupaten Probolinggo yang Qur’ani, sehingga akan tercipta suatu masyarakat yang berakhlak mulia sesuai dengan visi dan misi Kabupaten Probolinggo.

 

Dalam kesempatan tersebut, Baznas menyalurkan sebanyak 200 mushaf Al Qur’an bagi musala dan TPQ di wilayah Kecamatan Bantaran. Mushaf tersebut diserahkan Ketua Baznas Kabupaten Probolinggo H. Ahmad Muzammil bersama Komisioner Baznas Kabupaten Probolinggo, Camat Bantaran Saniwar dan Forkopimka, Ketua PCNU Kabupaten Probolinggo Kiai Abdul Hamid, dan Ketua PC Muslimat NU Kabupaten Probolinggo Hj. Nurayati.

 

Penyaluran mushaf Al-quran dilakukan di sela-sela kegiatan halal bihalal dan khitanan massal yang digelar Baznas Kabupaten Probolinggo bekerja sama dengan PC Muslimat NU Kabupaten Probolinggo.

 

“Nantinya mushaf Al Qur’an ini akan disalurkan secara merata ke seluruh musala dan TPQ yang ada di daerah pelosok desa di 24 kecamatan, terutama yang masih belum ada Al Qur'an. Hanya saja nanti akan disesuaikan dengan luasan desa yang ada di masing-masing kecamatan,” kata Ketua Baznas Kabupaten Probolinggo H. Ahmad Muzammil.

 

Menurut Muzammil, pengadaan mushaf Al Qur’an ini dilakukan sesuai dengan RKAT (Rencana Kerja dan Anggaran Tahunan) tahun 2022. Namun jumlahnya hanya sebanyak 2000 buah mushaf Al Qur’an.

 

“Selama ini permintaan untuk mushaf Al Qur’an yang masuk ke Baznas banyak sekali. Oleh karena itu atas berbagai saran dan masukan kami mencetak sebanyak 5000 buah mushaf Al Qur’an. Kekurangannya yang 3000 buah ini kami lakukan melalui gerakan infaq pembelian Al Qur'an," jelasnya.

 

Oleh karena itu Muzammil mengharapkan dukungan dari semua masyarakat Kabupaten Probolinggo, terutama aghniya’ untuk ikut serta ambil bagian dalam gerakan infaq pembelian satu mushaf Al Qur’an seharga Rp 40 ribu. “Kami harapkan partisipasi dari para munfiq orang yang berniat infaq dalam pembelian mushaf Al Qur'an,” pungkasnya.


Berdasarkan data Badan Pusat Statistik atau BPS, terdapat 6.602 musala di Kabupaten Probolinggo yang tersebar di 24 kecamatan. Untuk Kecamatan Bantaran, terdapat 224 musala. Sementara untuk TPQ, terdapat 1.201 TPQ di Kabupaten Probolinggo berdasarkan data Kanwil Kemenag Jatim tahun 2013. (*)