Di ketinggian 3.898 mdpl Ansor Sukur Banter (Sumber,Kuripan,Bantaran,Wonomerto)BerikrarPelantikan
Di ketinggian 3.898 mdpl Ansor Sukur Banter (Sumber,Kuripan,Bantaran,Wonomerto)Berikrar

Keterangan Gambar : Pelantikan GP Ansor Sukur Banter (Sumber,Kuripan,Bantaran,Wonomerto)Berikrar

*_Di ketinggian 3.898 mdpl Ansor Sukur Banter (Sumber,Kuripan,Bantaran,Wonomerto)Berikrar_* nuprobolinggo.or.id -

Bergabung di Gerakan Pemuda (GP) Ansor memiliki tugas mulia. Hal penting yang hendaknya terus diingat antara lain mengawal para kiai dalam mengemban amanat. Juga memastikan terjaganya kepentingan kebaikan dan kemajuan umat, masyarakat, bangsa, dan negara.

Penegasan tersebut disampaikan Ketua Pimpinan Cabang (PC) GP Ansor Kabupaten Probolinggo H Misbahul Munir. Hal itu dikemukakan saat mengukuhkan pengurus baru empat PAC di kabupaten setempat atau yang disebut dengan 'Sukur Banter'. Di antaranya Kecamatan Sumber, Kuripan, Bantaran, dan Wonomerto yang dilanjut dengan Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD) di SMPN 1 Sumber.

Acara yang berada di kawasan puncak dan dingin itu diikuti 40 peserta dari empat kecamatan, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Tujuan kegiatan ini adalah bisa mewujudkan kader yang berkualitas dalam beragama, berbangsa dan bernegara,” katanya.

Yang juga tidak kalah penting yakni sebagai latihan bagi kader untuk kepemimpinan. Karena tidak selamanya roda nakhoda terus berjalan. Oleh sebab itu para kader harus mempunyai bekal dalam kepemimpinan di organisasi.

"Ansor dan Banser merupakan organisasi kader. Jadi setiap anggota harus lulus PKD bagi Ansor dan Diklatsar bagi Banser,” tegasnya.

Ia mengatakan para anggota Ansor juga memiliki tugas penting mengawal para kiai dalam mengemban amanat untuk kepentingan kebaikan dan kemajuan umat, masyarakat, bangsa, dan negara.
“Anggota harus memiliki kemampuan mumpuni untuk terlibat dalam mengatasi persoalan ancaman keutuhan bangsa. Dan PKD juga untuk melahirkan kader yang siap menghalau paham yang berusaha memecah-belah bangsa Indonesia," urai dia.
Lebih lanjut, H Misbahul Munir berharap setelah dilantik, empat PAC lebih semangat dan kaderisasi dapat dilakukan.
“Tentunya lebih tertata lagi dalam kegiatan, baik dalam menyusun program dan admistrasinya," pungkasnya.

Turut hadir dalam acara tersebut Ketua PC GP. Ansor Kabupaten Probolinggo, Kapolsek, Danramil, Kepala SMPN 1 Sumber dan MWCNU Kecamatan Sumber.