Ceramah di Nurul Jadid, KH. Marzuki Mustamar Sampaikan Pentingnya Ilmu
Ceramah di Nurul Jadid, KH. Marzuki Mustamar Sampaikan Pentingnya Ilmu
nuprobolinggo.or.id - KH. Marzuki Mustamar menyampaikan pentingnya ilmu dalam beragama. Hal itu disampaikan Ketua PWNU Jawa Timur tersebut menghadiri Harlah ke-72 dan Pengajian Umum di Pondok Pesantren Nurul Jadid, Probolinggo.

"Ilmu menjadi tiang kokohnya sesuatu. Dan kokohnya agama adalah ilmu," kata Kiai Marzuki dalam ceramah yang disiarkan langsung di akun medsos Ponpes Nurul Jadid.

Mengawali ceramahnya perihal pentingnya ilmu, pengasuh Pondok Pesantren Sabilur Rosyad ini menjelaskan petikan Al-Quran surat Fathir ayat 28. Terjemah petikan ayat tersebut:

"Sesungguhnya yang takut kepada Allah di antara hamba-hamba-Nya, hanyalah ulama".

Kiai Marzuki menjelaskan, ayat tersebut menekankan pentingnya ilmu. "Tanpa ilmu, kelihatan ibadah, padahal bukan ibadah. Kelihatan khosyah (takut kepada Allah, Red) padahal bukan khosyah. Cuma modus," jelasnya.

Kiai Marzuki menyebutkan, dirinya merasa perlu menjelaskan penggalan ayat tersebut karena ada yang keliru memaknai memahaminya dan mengunggahnya di media sosial.

"Pokok takut Allah, itu ulama. Mau kambing-kambing, mau ayam-ayam, mau anjing-anjing, pokok takut Allah itu ulama," sebut Kiai Marzuki perihal pemaknaan dan pemahaman ayat yang keliru.

"Ayat itu tidak seperti itu," katanya, mengoreksi. "Ayat itu menekankan pentingnya ilmu," tambah Kiai Marzuki menjelaskan.

Dalam ceramah selama satu jam lebih itu, Kiai Marzuki merinci pentingnya ilmu dalam berbagai bidang. Mulai fiqih (hukum islam), hingga bidang aqidah (keyakinan).

Harlah ke-72 Pondok Pesantren Nurul Jadid digelar dengan dua model. Yaitu luar jaringan (luring) dan dalam jaringan (daring) atau virtual. Haul dan Harlah digelar dua hari: Sabtu (13/3/2021) dan Minggu (14/3/2021). Ceramah KH Marzuki Mustamar menjadi bagian dari rangkaian acara harlah. (*)