Cegah Narkoba, Santri Darul Mukhlashin Gelar Sosialisasi P4GN Bersama Kipan
Cegah Narkoba, Santri Darul Mukhlashin Gelar Sosialisasi P4GN Bersama Kipan

nuprobolinggo.or.id-Dalam rangka pencegahan narkoba di lembaga pendidikan, Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) MA Darul Mukhlashin gelar sosialisasi anti narkoba. Senin (11/07/2022).


Kegiatan ini bekerja sama dengan Kader Inti Pemuda Anti Narkoba (Kipan) Kabupaten Probolinggo.


Dengan diikuti oleh 35 siswa-siswi, acara ini juga diikuti oleh perwakilan beberapa lembaga MTs dan SMA yang berlangsung di Aula Pondok Pesantren Darul Mukhlashin.


Fasilitator Kipan Probolinggo, Wahyudi mengatakan bahwa salah satu tujuan kegiatan ini adalah untuk mengedukasi pentingnya bahaya narkoba di kalangan pemuda. Khususnya santriwan dan santriwati.


"Karena Kipan sendiri merupakan organisasi yang cocok buat pemuda untuk menjadi volunteer atau relawan anti narkoba" kata Wahyudi.


Menurut tingkatan organisasi, wilayah provinsi dan kabupaten itu namanya Kipan (Kader Inti Pemuda Anti Narkoba). Sedangkan untuk tingkat kecamatan atau lembaga pendidikan itu bernama Kopan (Kelompok pemuda anti Narkoba).


Syaiful Rizal selaku fasilitator mengatakan "Dengan kondisi penyalahgunaan yang cukup memprihatinkan seperti saat ini, dibutuhkan semakin banyak relawan serta penggiat dalam menyuarakan semangat anti narkoba. Kita ke depannya harus terlibat dalam upaya perang melawan narkoba". Katanya.


Karena yang kita ketahui bersama wilayah Probolinggo menjadi zona merah penyalahgunaan narkoba.


"Oleh karena itu menjadi penting dengan direalisasikan nya acara ini kepada remaja atau santriwan dan santriwati" tambah Rizal.


Menurut Rizal, ia juga menyampaikan bahwasanya santri disini diharap menjadi garda terdepan diantara remaja yang lain dalam penyalahgunaan narkoba.


Salah satu pencegahan Narkoba yang harus dilakukan oleh pemuda adalah jangan pernah mencoba atau menggunakan narkoba, mencari tau tentang narkoba dan dampak negatifnya serta yang terakhir memilih pergaulan lingkungan yang baik 


Disisi lain, Ahmad Faiz selaku ketua OSIS MA Darul Mukhlashin menyampaikan rasa terima kasih kepada Kipan Kabupaten Probolinggo yang sudah berkenan menjadi fasilitator Anti Narkoba.


"Merupakan edukasi yang sangat bermanfaat bagi kami, khususnya santri Darul Mukhlashin. Karena seiring dengan berkembangnya zaman, pencegahan narkoba memang harus segera dilakukan agar tidak dampaknya tidak semakin meluas" Pungkas Faiz kepada tim media.