Berada di Tanah Suci Makkah, Semangat Beribadah Jemaah Jadi Luar BiasaLiputan Khusus Haji Bersama NU Probolinggo
Berada di Tanah Suci Makkah, Semangat Beribadah Jemaah Jadi Luar Biasa

nuprobolinggo.or.id -MAKKAH- Tiga pekan meninggalkan tanah air, Jemaah Calon Haji atau JCH Kabupaten Probolinggo, Jatim, kini berada di Kota Makkah.

Di Makkah, jemaah yang tergabung dalam kloter 19 embarkasi Surabaya ini, berada di daerah Mahbas Jin, sekitar 1,5 kilometer dari Masjidil Haram atau posisi di sektor 1.

Jika selama delapan hari di Kota Madinah mereka menempati satu hotel (Hotel Pullman Zamzam), di Makkah jemaah menempati dua hotel.

Yaitu hotel nomor 103 hotel Arkan Bakkah 2 berjumlah 315 jemaah, dan di hotel nomor 104 hotel Dar Umal Qura berjumlah 128 jemaah.

Ketua Kloter 19, H. Muh Amin mengatakan, kondisi 433 jemaah kloter 19 baik dan sehat. "Saat ini dalam persiapan menuju Armuzna (Arafah, Muzdalifah dan Mina, Red)," katanya.



Ketiga tempat ini adalah poin penting dalam serangkaian kegiatan wajib haji. Di tiga tempat inilah seluruh energi fisik dan mental akan terkuras.

Kegiatan selama di Arafah, Muzdalifah dan Mina ini menjadi pembeda antara kegiatan ibadah haji dan umrah.

Secara terpisah, Pembimbing Ibadah Haji Kloter 19, H. Sugiyo mengatakan, semangat jemaah untuk beribadah di tanah suci Makkah sangat luar biasa.

Semangat tinggi itu, kadang tak diimbangi dengan kesadaran akan perbedaan suhu dan juga kadar air di udara yang mencolok, antara Indonesia dan Arab Saudi.

"Menjadi penyebab kurang sehat karena ketidak seimbangan antara kebutuhan energi dengan makanan yang masuk serta istirahat yang cukup," kata Sugiyo.

Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) kloter selalu memberikan layanan dengan baik. "Untuk jemaah yang risti (resiko tinggi) juga tetap dalam pengawasan dan pendampingan," ujar Sugiyo.

Diketahui, jemaah kloter 19 Embarkasi Surabaya berjumlah 443 yang terdiri dari 423 jema'ah Kabupaten Probolinggo, dan 20 jemaah dari Kabupaten Mojokerto.

Jemaah haji kloter 19 Embarkasi Surabaya ini masuk pada gelombang pertama dan melaksanakan ibadah Shalat Arba'in dulu di Masjid Nabawi, Madinah. Di Madinah jemaah haji jadi satu hotel yaitu hotel Pullman Zamzam (*)