Bekerjasama Dengan Pemerintah Daerah, PCNU Bina Tenaga Kifayah
Bekerjasama Dengan Pemerintah Daerah, PCNU Bina Tenaga Kifayah

Keterangan Gambar : pcnu.org

Probolinggo (24/2) Dengan maksud untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan tentang pengurusan jenazah yang benar sesuai syari’at Islam, PCNU Kabupaten Probolinggo bekerja sama dengan Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemkab. Probolinggo mengadakan Pembinaan “Peningkatan Kemampuan Tenaga Kifayah” bagi warga Nahdliyin bertempat di Aula PCNU Probolinggo.

Kegiatan ini diikuti sekitar 60 orang peserta terdiri dari perwakilan MWCNU, Lembaga, Lajnah dan Banom, tokoh pemuda, tokoh agama dan tokoh masyarakat serta unsur organisasi lain yang ada di Kabupaten Probolinggo. Acara ini dihadiri Perwakilan dari Pemkab (Bpk. H. Muh. Nawi), hadir pula Ketua PCNU (KH. Abdul Hadi Saifullah), Sekjen (Ust. Khoirul Ishaq, M.Pd), Ra’is Syuriyah (KH. Jamaluddin Alhariri), Katib Syuriyah (KH. Masrur Nashor), serta panitia kegiatan dan penyaji pada kegiatan tersebut.

Materi yang disampaikan; 1. “Tata cara memandikan dan mengkafani jenaza”, oleh H. Mahalli, SH. M.Pd (Kepala KUA Kotaanyar), 2.  “Tata cara mensholati dan mengukur jenazah” oleh Ust. H. Mudaffir Irwani (PCNU Kraksaan) 3. “Etika mengantar jenazah dan tata cara ziarah kubur dan takziah”  oleh KH. Masrur Nashor (Katib Syuriyah PCNU Probolinggo). Selain teori para penyaji juga melakukan praktek sehingga mudah dipahami oleh para peserta.

Dari berbagai materi yang disampaikan para peserta diharapkan mampu menyimak dan memahami dengan baik sehingga bisa mengerti maksud dan tujuan dari pengurusan jenazah, pengenalan tanda-tanda kematian (sakratul maut), tata cara memandikan, mengkafani, mensholati bahkan hingga penguburan lengkap dengan bacaannya sesuai dengan tata cara dan syari’at sebagai tuntunan agama.

Dalam sambutannya Ketua PCNU (KH. Abdul Hadi Saifullah) menyampaikan kegiatan ini bermula  karena pada umumnya, mayoritas masyarakat belum mengetahui secara utuh dan benar terkait tata cara perawatan jenazah, padahal ini merupakan sebagian dari syariat yang harus kita jaga kemurniannya, wajib kita luruskan sesuai tatanan keilmuwan agar tidak menyimpang dari ajaran yang ada.

Dengan adanya pembinaan ini Pemkab dan NU berharap agar para peserta bisa memahami pengurusan jenazah dengan benar, memiliki keterampilan dan pengetahuan yang cukup dalam perawatan jenazah selanjutnya bisa diaplikasikan di kalangan masyarakat dan lingkungannya agar upaya PCNU bersama Kesra Pemkab Probolinggo untuk meningkatkan pelayanan tenaga kifayah ini bisa tercapai dengan baik, sebagaimana disampaikan oleh perwakilan dari Pemkab. Probolinggo. (Mp).