Bangun Sinergi, Lazisnu Kunjungan Kerja ke Baznas Probolinggo
Bangun Sinergi, Lazisnu Kunjungan Kerja ke Baznas Probolinggo

Keterangan Gambar : Pengurus Lazisnu Kabupaten Probolinggo saat berkunjung ke Baznas

nuprobolinggo.or.id- Rabu, (14/4/21) Lazisnu Kabupaten Probolinggo melakukan kunjungan kerja ke Baznas kabupaten setempat. Kunjungan dilakukan untuk mengenalkan keberadaan Lazisnu dan sinergi program yang bisa dilakukan antara Lazisnu dan Baznas ke depan.

Selama ini program Lazisnu sudah mulai berjalan. Namun tentunya sangat memerlukan dukungan dari berbagai pihak. Antara lain seperti Baznas.

Baznas adalah lembaga resmi pemerintah yang punya wewenang dalam pengelolaan zakat di tingkat pusat sampai kabupaten. Sedangkan Lazisnu adalah lembaga amil zakat yang telah diakui resmi oleh pemerintah untuk menarik dan menyalurkan zakat kepada masyarakat.

Untuk itu, kerjasama antara kedua lembaga ini sangat penting untuk dilakukan dalam rangka sinergi program pemberdayaan umat. Khususnya warga nahdliyin di wilayah kerja PCNU Kabupaten Probolinggo.

Saat ini wilayah kerja PCNU Kabupaten Probolinggo meliputi 11 Kecamatan mulai dari Kecamatan Dringu di ujung timur, hingga Kecamatan Tongas di ujung barat.

Hal ini memerlukan kerja ekstra untuk pengelolaan dana umat yang dititipkan oleh para muzakki untuk disalurkan kepada mustahik

Baznas menyambut baik rombongan tim Lazisnu Kabupaten Probolinggo. Banyak hal yang bisa dilakukan ke depan antara Baznas dengan Lazisnu. Antara lain terkait penyaluran program beasiswa bagi mahasiswa tidak mampu, santunan duafa, dan santunan marbot masjid.

Lazisnu berharap realisasi penyaluran program Baznas tersebut bisa menggandeng Lazisnu.

"Jaringan kami sampai ke tingat ranting dan kami mengantongi data- data calon penerima santunan yang sesuai dengan kriteria yang dibuat oleh Baznas," kata Ketua Lazisnu Kabupaten Probolinggo, Babus Salam. (Dewi Puspa)