Ada Kajian Fiqih Wanita di Fatayat NU Tongas, Bahas Apa Saja Ya?
Ada Kajian Fiqih Wanita di Fatayat NU Tongas, Bahas Apa Saja Ya?

Keterangan Gambar : Kajian Fiqih Wanita Perdana PAC Fatayat NU Kecamatan Tongas, Probolinggo

nuprobolinggo.or.id - TONGAS - Pimpinan Anak Cabang (PAC) Fatayat NU Kecamatan Tongas, Kabupaten Probolinggo kini membuka forum kajian khusus fiqih wanita.

Kajian spesifik kaum hawa itu dilakukan rutin setiap hari Jumat pada pekan pertama setiap bulan.

Kajian fiqih wanita perdana telah dimulai pada Jumat (07/01/2022) lalu dengan materi seputar darah (kewanitaan) dalam perspektif fiqih Islam.

Pemgurus PAC Fatayat NU Tongas yang juga sebagai Penyuluh Agama Islam KUA Tongas, Liadatul Maghfiroh ditunjuk menjadi pemateri pada kajian pembuka tersebut.

Ketua PAC Fatayat NU Tongas, Reny Nurmazidah mengatakan perlunya kajian fiqih wanita diberikan kepada para pengurus dan kader Fatayat serta masyarakat luas.

Sebab, lanjut Reny, bisa jadi ada yang masih belum mengetahui betul atau belum tuntas tentang pemahaman fiqih wanita.

"Tentang bab fiqih darah (wanita) seperti Haid dan Istihadlah mungkin saja ada yang sulit membedakannya. Baik itu tentang lama masa waktu 'tamu bulanan wanita' itu maupun soal warna darah yang membedakan keduanya," ungkapnya, Jumat (14/01/2022).

Untuk kajian perdana fiqih wanita itu ditempatkan di Aula Kantor MWC NU Tongas, selanjutnya akan berpindah-pindah tempat di rumah masing-masing pengurus dan kader PAC Fatayat NU Tongas.

"Karena yang kemarin itu perdana kajian fiqihnya, kami tempatkan di Kantor MWC NU Tongas. Berikutnya nanti berpindah-pindah dari rumah ke rumah, salah satu tujuannya kan juga sebagai syiar Fatayat NU di masyarakat," pungkas Reni.